Kamis, 01 Desember 2016

Khasiat Minyak Ikan Bagi Kesehatan

Khasiat Minyak Ikan Bagi Kesehatan

Khasiat Minyak Ikan Bagi Kesehatan - Minyak ikan mempunyai manfaat kesehatan seperti kemampuanya dalam membantu pengobatan penyakit jantung, Kolesterol tinggi, depresi, kecemasan, AHDH, kekebalan rendah, kanker, diabetes, peradangan, arthritis, IBD, AIDS, penyakit Alzheimer, gangguan mata, degenerasi makula dan bisul. Selain itu juga bisa membantu dalam menurunkan berat badan, menjaga kehamilan, kesuburan dan perawatan kulit.

 

Manfaat minyak ikan bagi kesehatan biasanya dikaitkan dengan keberadaan omega-3 asam lemak esensial yanng berguna lainya termasuk asam alfa-linolenet atau ALA dan asam Gamma-liolenat atau GLA. 

Berikut Ini Beberapa Manfaat Kesehatan Dari minyak Ikan

1. Jantung sehat

Menurut American Heart Association (AHA), uji klinis telah membuktikan bahwa Omega-3 efektif untuk mengurangi penyakit yang berhubungan kardiovaskular (CVD). Minyak ikan adalah sumber omega 3 yang baik oleh karna itu dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

2. Minyak Ikan Membantu menurunkan berat badan 

Minyak ikan dapat meningkatkan efektivitas latihan dalam mengurangi berat badan. Relawan yang diberi diet minyak ikan menunjukan penurunan berat badan yang lebih besar, apabila dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi diet minyak ikan. Latihan dikombinasikan dengan minyak mempunyai efek positif pada bentuk tubuh dan komposisi tubuh dari pasien.

3. Peningkatan imunitas 

Minyak ikan juga diyakini dapat membantu dalam peningkatan kekebalan, sehingga memungkinkan untuk melawan penyakit flu, batuk dan filek. Asam lemak Omega-3 dalam minyak ikan bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan mempengaruhi sikotin dan eicosanoid dalam tubuh kita. 

Para peneliti juga mempelajari pengaruh tepung ikan dan minyak ikan pada sistem kekebalan tubuh babi, dan menemukan bahwa minyak ikan membantu dalam pertumbuhanya. Penelitian yang sama juga dilakukan pada tikus di Taichung Veterans General Hospital, Taiwan. Juga memberikan hasil yang positif. Jadi minyak ikan memiliki potensi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. 

4. Minyak Ikan Untuk HIV

Penelitian yang dilakukan oleh Program Ilmu Gizi di Lexington telah meningkatkan bukti apabila minyak ikan dapat digunakan sebagai pengobatan untuk HIV-AIDS. Tetapi, penelitian yang lebih mendalam masih perlu dilakukan dalam hal ini.

5. Anti-inflamasi

Ikan efektif dalam mengurangi peradangan dalam darah dan jaringan. Konsumsi secara teratur suplemen minyak ikan, tablet, pil dan kapsul sangat membantu untuk mereka yang menderita peradangan kronis. Minyak ikan efektif dalam mengobati gangguan pencernaan, sariawan, sindrom usus pendek dan penyakit radang usus (IBD) termasuk penyakit Crohn sulit untuk menyerap vitamin, lemak dan suplemen penting.

6. Mengobati Radang Sendi 

Minyak ikan berguna dalam mengobati arthritis, remati, gejala Raynaud dan Kondisi sejenis. Pengguaan minyak ikan bisa membantu dalam mengurangi disis NSAID. Rumah Sakit Royal Adelaide, Australia, dan University Of Newcastle, Australia telah melaporkan bahwa jumlah besar minyak ikan telah menunjukan efek positif pada pengobatan arthritis.

7. Depresi Dan Kecemasan

Sebab kehadiran asam lemak Omega-3, minyak ikan baik untuk mengurangi depresi, sedih, cemas, gelisah, mental kelelahan, stres, gairah yang menurun, kecenderungan buruk dan gangguan saraf lainnya. Minyak ikan mampu menstabilkan suasana hati dan mengobati gangguan bipolar. Tak heran, telah menemukan bahwa negara-negara di mana terbanyak konsumsi ikan mempunyai rendah depresi. Demikian pula penelitian yang dilakukan para tahanan diberi makan dengan makanan laut mengandung jumlah yang lebih tinggi om,ega-3 asam lemak, ada penurunan yang signifikan dalam tingkat kekerasan.

8. Penyakit Alzheimer 

Penelitian yang dilakukan di Louisiana State University telah telah menunjukkan bahwa asam lemak efektif dalam mengobati penyakit Alzheimer. Sebab minyak ikan merupakan salah satu sumber terbaik asam esensial termasuk EPA dan DHA, hal ini membantu dalam pencegahan penyakit Alzheimer.

 Penelitian yang dilakukan di University Of California dan Los Angeles  (UCLA) telah memvalidasi kegunaan minyak ikan sebagai obat untuk penyakit ini.  Asosiasi Alzheimer merekomendasikan ikan yang mengandung lebih tinggi dari asam lemak omega-3 untuk pasien, sebab bertindak sebagai pelindung selama diet terhadap penyakit Alzheimer dan demensia.

9.Gangguan Mata

Juga diketahui bahwa minyak mempunyai kemampuan yang baik untuk memperbaiki pengelihatan. ini juga membantu untuk menghindari degenerasi makula yang terkait usia. National Eye Institute di Nasional institute of Health, AS, berencana untuk melakukan studi Nasional untuk mengevaluasi efek minyak ikan dalam mengobati degenerasai makula. Penelitian ini memberikan bukti yang kuat bahwa manfaat minyak untuk perawatan mata, sehingga memungkinkan instansi pemerintah dan dokter untuk merekomendasikan minyak ikan untuk degenerasi makula.

10. Perawatan kulit

Minyak ikan membantu dalam meningkatkan dari kondisi kulit buruk dan kering kepada kulit yang cerah dan bercahaya. Minyak ikan berguna untuk mengobati berbagai masalahkulit seperti eksim, proriasis, gatal, kemerahan pada kulit, lesi kulit dan ruam. 

11. Mengatasi Jerawat

Minyak ikan efektif untuk perawatan. EPA diketahui menghambat pembentukan androgen. Androgen bisa mempengaruhi pembentukan sebum di dalam folikel rambut.

12. Kanker

Minyak ikan berguna dalam menunda penurunan berat badan pada pasien yang menderita kanker pangkreas. Suplemen minyak ikan juga bisa membantu untuk pasien yang menderita hiperlipidemia yang terkait kanker. 

13. Diabetes

pasien dengan diabetes tipe 2 rentan terhadap penyakit kardio vaskuler, seperti penyakit jantung koroner, aterosklerosis dan stroke. Sebagaimana disebutkan diatas, minyak ikan membantu dalam mengobati berbagai masalah jantung. Penelitian yang dilakukan di university Of Oxford, inggris, telah membuktikan bahwa minyak ikan berguna dalam menurunkan kadar trigliserida pada diabetes.

14. Ulkus

Keberadaan EPA dan DHA dalam minyak ikan membuatnya sangat membantu dalam kasus ulkus yang diakibabkan oleh Obat anti-inflammatory dr**s (NSAID). 

15. Kesuburan

Minyak ikan sangat berguna bagi wanita hamil sebab DHA di dalamnya akan membantu dalam pengembangan mata dan otak bayi. Ini juga bisa menghindari kelahiran prematur, berat badan lebih rendah dan keguguran.

16. Kesuburan  

Penelitian pada hewan telah menunjukan penghambatan pada sintesis prostaglandin E dan prostaglandin F, yang diproduksi dalam jumlah besar oelh vesikula seminalis manusia.

17. Perawatan Rambut  

 Minyak ikan menjaga kilau rambut. Omega-3 mempunyai sifat tumbuh rambut, yaitu seperti menyediakan makanan kepada folikel rambut. Hal ini membantu dalam pertumbuhan rambut lebih cepat dan mencegah rambut rontok.

18. Sirkulasi darah

Minyak ikan meyakini mempunyai kemampuan untuk meningkatkan darah serta mengurangi trigliserida dan kadar kolesterol serum. Manfaat meningkatkan sirkulasi darah terutama dipelajari pada tikus.

Dipercaya juga bahwa minyak ikan membantu dalam penyembuhan asma dan gagal ginjal. Banyak orang juga untuk makan hewan perliharaan terutama kucing dan anjing. sebab memungkinkan dalam pertumbuhan dalam pertumbuhan rambut dan klulitnya halus. Hal ini membantu kucing dan anjing untuk mengatasi arthritis, yang merupakan penyakit yang sangat umum pada hewan pemeliharaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar