Rabu, 09 November 2016

Manfaat dan Khasiat Minya Ikan Untuk Penglihatan Mata

Manfaat dan Khasiat Minya Ikan Untuk Penglihatan Mata

Manfaat dan Khasiat Minya Ikan Untuk Penglihatan Mata - Minyak Ikan tidak memiliki dampak secara langsung terhadap mata. Tetapi, minyak ikan bisa memainkan peran dalam kondisi tertentu yang dapat meningkatkan kesehatan penglihatan. 

Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan bisa membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan mata kering dari waktu ke waktu, hal ini dapat membantu meningkatkan gejala dan mencegah pandangan mata yang kabur.


Minyak ikan memiliki banyak keuntungan bagi kesehatan mata

Minyak ikan memiliki banyak keuntungan bagi kesehatan khususnya kesehatan mata. Hal ini dibuktikan melalui penelitian dari National Eye Institute dimana minyak ikan mampu mencegah gangguan mata serius seperti masalah penurunan penglihatan akibat bertambahnya usia dan sindrom mata kering.

Dalam sebuah studi besar di Eropa yang diterbitkan pada tahun 2008, peserta yang makan minyak ikan (Sumber yang sangat baik dari DHA dan EPA asam lemak Omega-3) setidaknya sekali seminggu mempunyai setengah resiko pengembangan neovascular ("Basah") degenerasi makula. Penelitian juga menunjukan asam yang sama bisa mengurangi resiko degenerasi makula dan katarak.

Minyak ikan juga mempunyai khasiat mengobati berbagai penyakit jantung, kolesterol tinggi, depresi, kecemasan, ADHD, melemah sistem, kekebalan kanker, diabetes, peradangan, arthritis, IBD, AIDS, penyakit Alzheimer dan lainya.

Sebagian besar minyak ikan bisa dikaitkan dengan kehadiran kehadiran Omega-3 asam lemak esensial seperti asam Docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA). Asam lemak lainya yang berguna penting dalam minyak ikan termasuk asam alfa-linolenat atau asam ALA dan Gamma-linolenic atau GLA.

Minyak ikan kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang mampu menekan risiko gangguan penglihatan degeneratif yang disebut Age-related Macular Degeneration (AMD) hingga 30 persen lebih jika dikonsumsi sekurangnya 2 kali dalam seminggu. Selain itu asam lemak omega-3 juga adalah komponen yang sangat penting untuk kesehatan retina sebab memperbaharui sel-sel pada retina secara alami.

Anda dapat memperoleh manfaat minyak ikan melalui ikan salmon, tuna, sarden, kerang-kerangan, serta suplemen kapsule. Akan tetapi harus di ingat, konsumsi minyak ikan juga harus dengan dosis yang tepat. Apabila berlebihan bisa mengakibatkan pendarahan internal dan alergi. Dosis yang dianjurkan yakni 500-1000 mg/hari atau konsultasikan dengan dokter ahli gizi untuk memperoleh dosis sesuai kebutuhan dan usia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar